Carpooling membantu tingkatkan Air Quality Index di Jakarta

Air Quality Index Jakarta akhir-akhir ini mengkhawatirkan. Beberapa waktu lalu pernah menjadi ranking 1 di dunia. Tapi pernahkah kamu bertanya, bagaimana caranya memperbaiki Air Quality Index di Jakarta? Atau mungkin kamu pernah bertanya, apa penyebab buruknya AQI di Jakarta?

Banyaknya kendaraan bermotor menjadi salah satu penyebab buruknya Air Quality Index Jakarta

 

Penyumbang terbesar polusi udara di Jakarta adalah transportasi darat, sebesar 75%. Menurut Katadata, 182,5 ton/tahun emisi CO2 di Jakarta berasal dari transportasi darat.

Penelitian yang dilaksanakan oleh sebuah lembaga penelitian di Perancis (BIPE) di tahun 2018 menyatakan bahwa dengan melakukan carpooling kamu bisa menekan jumlah CO2 (karbon dioksida) hingga 1,6 juta ton dan ternyata dibutuhkan sekitar 703,000 lapangan bola agar karbon dioksida ini sepenuhnya dapat diserap oleh pepohonan yang ada.

Maka itu, dengan memaksimalkan isi kursi kosong di mobil sampai satu mobil bisa terisi hingga 3-4 orang, kamu bisa banget menurunkan produksi emisi karbon dioksida hingga 26%. Carpooling bisa menjadi opsi kita untuk memelihara bumi ini dari peningkatan temperatur per tahunnya juga membantu Air Quality Index  Jakarta menjadi lebih baik.

Kalau kamu sudah memasukkan carpooling ke daftar pilihanmu, kamu pasti akan lebih semangat kalau tahu seberapa besar kontribusi kamu ke bumi kita ini. Pada tahun 2023 nanti carpooling mampu menekan jumlah karbon dioksida hingga 6,4 juta ton!

Tapi, kamu pasti masih bingung, sebenarnya apa sih dampak peningkatan CO2 terhadap kehidupan kita sehari-hari? Banyak!

Kandungan oksigen dalam darah yang semakin berkurang akan menyebabkan sesak napas dan pada pasien jantung dan penyakit paru yang peredaran oksigennya sudah terganggu, kondisi ini berakibat fatal yang berakibat pada kematian. Dalam jangka panjangnya, angka CO2 yang semakin meningkat akan menyebabkan temperatur bumi yang juga terus meningkat hingga 6 derajat celcius.

Buat kamu yang sering banget ngeluh “Duh! Jakarta panas bgt sih!!” atau “Gilaaa, neraka jebol ya?”, tapi tidak memanfaatkan kursi kosong yang ada di mobil kamu, sebenarnya kamu sudah menjadi salah satu kontributor dalam memanasnya Jakarta. Maka itu, yuk mulai dari sekarang masukkan opsi carpooling ke dalam opsi pilihanmu untuk menyelamatkan bumi kita.

Kalau zero waste dan byebye plastics sudah kamu lakukan, sekarang tinggal gilirannya zero empty seats!  Coba di Noompang yuk! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *